8 Tips Menabung Harian Yang Efektif Di Rumah

- Pewarta

Senin, 26 Desember 2022 - 17:49 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Terdapat beberapa tips menabung yang bisa Anda lakukan setiap hari di rumah. Menabung menjadi kebiasaan penting yang wajib ditanamkan sejak dini. Mengingat kebutuhan di masa depan semakin meningkat.

Setiap orang memiliki gaya tersendiri untuk menabung. Jika Anda masih kesulitan membiasakan diri menyisihkan uang, ikuti beberapa tips menabung harian berikut ini!

1. Buat Pengelolaan Keuangan

Sangat mudah untuk menghabiskan uang karena keinginan setiap manusia yang tidak pernah puas. Terlebih jika pemasukan tidak sebanding dengan pengeluaran. Untuk mulai menabung, Anda bisa melakukan pengelolaan keuangan terlebih dahulu agar nantinya lebih mudah.

Catat setiap barang yang rutin Anda beli, seperti kebutuhan makan, skincare, BBM, atau lainnya. Anda akan tahu kategori pengeluaran selama 30 hari untuk mengukur kebiasaan belanja. Jadi, pengeluaran tadi tidak hanya dalam bayangan saja, akan lebih mudah dicatat sehingga Anda tahu bahwa kenyataan pengeluaran biaya sebesar itu. Cara ini juga bisa dilakukan agar terbiasa menghemat uang saat menjadi ibu rumah tangga.

Gunakan spreadsheet anggaran, aplikasi, atau kertas untuk merencanakan dana pemasukan dan dana pengeluaran. Jadwalkan waktu tertentu untuk membandingkan pengeluaran Anda yang sebenarnya dengan anggaran tadi. Hal ini bertujuan untuk menghindari pengeluaran berlebihan dan menyadarkan diri sendiri agar menyimpan tabungan yang lebih.

2. Tentukan Persentase Tabungan

Sebenarnya, uang tabungan bukan diambil dari sisa pengeluaran, melainkan ditentukan sendiri berapa persen dari uang masuk. Namun, beberapa orang menerapkannya dari sisa pengeluaran. Tetapi, cara ini masih efektif untuk dilakukan.

Anda bisa menentukan persentase tabungan dengan menyesuaikan nominal kebutuhan. Mengutip situs Uang Saldobuat 10-20% dari uang saku harian. Sehingga, nominal tersebut akan lebih mudah disisihkan dan tidak memberatkan Anda.

3. Celengan dan Target Waktu

Setelah Anda membuat anggaran dana pemasukan dan pengeluaran serta menentukan persentase tabungan, selanjutnya untuk membeli barang yang mendukung untuk menabung, seperti celengan. Sebenarnya, cara ini memang kuno dilakukan, namun cukup efektif.

Terlebih jika celengan yang dipilih memiliki gembok atau terbuat dari bahan yang sulit dibuka sehingga tidak bisa diambil. Banyak jenis celengan yang terjual dengan target waktu yang diinginkan. Sebagai contoh, Anda ingin setiap hari menabung dengan rutin. Di celengan tersebut sudah tertempel target waktu yaitu satu bulan yang berisi 30 hari.

Ini menjadi pengingat bagi Anda agar rutin memasukkan uang ke celengan. Atau bisa juga Anda mencantumkan sesuatu yang diinginkan sebagai target menabung. Mungkin tampak sepele, namun cara ini masih sering dilakukan banyak orang dengan membuat pengingat mengenai target yang harus mereka capai dan menjadi tips agar uang tidak mudah diambil.

4. Mengatur Produksi Harian

Jika sudah ada niat untuk menabung harian, maka atur pengeluaran sehari-hari. Ada beberapa hal yang mungkin perlu Anda tinggalkan. Misalnya, setiap hari Anda mengeluarkan uang untuk jajan di luar. Hilangkan kebiasaan itu dengan meminimalisir menjadi dua kali dalam seminggu jika ingin membeli jajan.

Selain itu, beli bahan makanan Anda dalam jumlah besar di toko grosir. Siapkan rencana makan seminggu sekali sehingga hanya membeli apa yang dibutuhkan. Tips ini juga berlaku untuk pelajar saat membeli kebutuhan lain selain makanan. Barang yang tidak perlu Anda miliki untuk dinikmati dapat meminjam dari teman atau sumber lingkungan. Misalnya, Anda dapat membaca buku di perpustakaan daerah dibandingkan membeli buku di toko.

Opsi lainnya adalah menyimpan kembalian Anda secara manual dengan menyisihkannya setiap malam. Setelah memiliki jumlah yang cukup besar, Anda dapat menyetorkannya langsung ke tabungan atau celengan tadi.

5. Kurangi Biaya Berulang

Kemajuan teknologi digital  tak lepas dari kehidupan manusia sehari-hari. Berbagai layanan seluler atau utilitas sering menagih pengguna berdasarkan fitur yang mereka pilih atau penggunaannya. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan paket HP prabayar, ubah ke paket dengan jumlah menit terendah yang diperlukan. Jika Anda menggunakan paket pascabayar, maka kurangi jumlah data.

Setel pengingat kalender otomatis di HP Anda untuk memeriksa menit atau penggunaan data Anda beberapa hari sebelum tagihan jatuh tempo. Dengan begitu, Anda dapat meminimalkan penggunaan jika diperlukan dan menghindari biaya yang keluar secara berlebihan.

Sebaiknya gunakan uang tunai daripada kartu kredit karena akan lebih sulit untuk berpisah dengan uang fisik. Meskipun strategi ini tidak membangun tabungan dalam semalam, ini merupakan pendekatan yang pasti untuk pertumbuhan tabungan yang lambat dan stabil.

6. Terapkan Denda

Supaya lebih semangat menabung, Anda berhak menerapkan hukuman untuk diri sendiri jika tidak melakukannya. Hal ini secara tidak langsung membuat Anda untuk rutin menabung setiap harinya.

Terapkan nominal denda lebih dari nominal uang yang ditabung. Sebagai contoh, nominal yang ditabung per hari adalah Rp 20.000,-, maka Anda bisa menentukan denda sejumlah dua kali lipat uang tabungan per hari. Atau bisa juga dengan menambahkan Rp 5.000,- pada jumlah uang tabungan.

Nantinya, saat Anda tidak menabung dua hari, maka total denda yang harus dibayar adalah Rp 80.000,-. Nominal ini sangat banyak untuk dibayarkan satu hari saja sebagai denda karena tidak rutin menabung. Penerapan ini bertujuan agar Anda menghargai sebuah komitmen dan konsistensi  dalam menabung.

Jadi, jika melewatkan waktu menabung satu hari pun, tidak akan mengganggu target tabungan ditetapkan sejak awal. Menabung memberikan “penahan” keuangan untuk ketidakpastian hidup dan meningkatkan perasaan aman dan ketenangan pikiran.

7. Konsistensi

Perlu Anda ketahui, konsumtif menjadi kebiasaan buruk jika secara terus menerus dilakukan. Apalagi, jika tidak membentuk pengelolaan keuangan yang tepat, uang akan seketika habis. Saat mulai menabung, ini menjadi tantangan besar bagi mereka yang konsumtif.

Alangkah baiknya untuk menabung secara konsisten dan mulai menghilangkan perilaku konsumtif dengan memperketat penggunaan uang. Anda bisa memulainya dengan menulis seluruh pengeluaran kebutuhan selama minimal satu bulan. Menyimpan uang memberikan stabilitas keuangan, yang dapat mencegah spiral utang jika terjadi tagihan tak terduga.

Salah satu cara untuk menghindari pengeluaran berlebihan adalah dengan memberikan waktu istirahat antara keinginan membeli barang dan saat Anda benar-benar melakukan pembelian. Jika berbelanja online, pertimbangkan untuk memasukkan item tersebut ke keranjang belanja Anda dan kemudian tinggalkan aplikasi sampai Anda memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkannya.

Menabung mungkin terasa sulit pada awalnya, tetapi semakin lama Anda melakukannya juga semakin mudah. Jadikan menabung sebagai kebiasaan sehari-hari seperti mandi atau menggosok gigi, dan pada akhirnya itu akan menjadi kebiasaan. Menabung adalah sebuah kebiasaan dan dengan cara yang sama, setiap orang membutuhkan banyak upaya dari waktu ke waktu untuk mempelajari bagaimana menabung yang benar.

Memulai sejak muda berarti membangun hubungan yang lebih sehat dengan uang dan harapan yang tinggi akan tujuan serta kehidupan masa depan. Sebab, jika Anda menunda dan tingkat konsistensi menabung turun, maka bisa dipastikan target yang ingin dicapai juga gagal. Hal ini karena tidak sesuai dengan anggaran dan pencapaian.

Demikian 8 tips menabung harian yang efektif di rumah. Pastikan Anda melakukannya sesuai tahapan dan lakukan evaluasi pada anggaran serta pengelolaan keuangan. Semoga membantu!

[ad_2]

Berita Terkait

LSP Perikanan Hias Indonesia Resmi Terbentuk: Meningkatkan Kualitas dan Kompetensi SDM untuk Daya Saing Global
Prakonvensi RSKKNI Pembiayaan: OJK Bahas Pentingnya Standar Kompetensi di Sektor Keuangan
Gerakan Percepatan Tanam, Produksi Beras Tahun 2024 Dipastikan Surplus di Atas Kebutuhan Konsumsi
Tarik Minat Investor Migas, Pemerintah Tak Wajibkan Kontraktor Gunakan Kontrak Skema Gross Split
Indonesia Hadapi Beberapa Risiko Global, Salah Satunya Arah Kebijakan FED yang Penuh Ketidakpastian
Begini Penjelasan Mendag Zulkifli Hasan Soal Kepastian Pemerintah Tak Akan Buka Opsi Impor Bawang Merah
Lebih Tinggi dari Triwulan IV 2023, BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi di Triwulan I dan II pada 2024
Ini yang Dibahas Menkeu Sri Mulyani Saat Bertemu Bilateral dengan Presiden European Investment Bank
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 31 Mei 2024 - 04:15 WIB

Prakonvensi RSKKNI Pembiayaan: OJK Bahas Pentingnya Standar Kompetensi di Sektor Keuangan

Selasa, 21 Mei 2024 - 13:27 WIB

Gerakan Percepatan Tanam, Produksi Beras Tahun 2024 Dipastikan Surplus di Atas Kebutuhan Konsumsi

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:06 WIB

Tarik Minat Investor Migas, Pemerintah Tak Wajibkan Kontraktor Gunakan Kontrak Skema Gross Split

Rabu, 8 Mei 2024 - 14:06 WIB

Indonesia Hadapi Beberapa Risiko Global, Salah Satunya Arah Kebijakan FED yang Penuh Ketidakpastian

Sabtu, 27 April 2024 - 14:31 WIB

Begini Penjelasan Mendag Zulkifli Hasan Soal Kepastian Pemerintah Tak Akan Buka Opsi Impor Bawang Merah

Kamis, 25 April 2024 - 13:55 WIB

Lebih Tinggi dari Triwulan IV 2023, BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi di Triwulan I dan II pada 2024

Selasa, 23 April 2024 - 14:29 WIB

Ini yang Dibahas Menkeu Sri Mulyani Saat Bertemu Bilateral dengan Presiden European Investment Bank

Sabtu, 20 April 2024 - 09:53 WIB

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Sambut Baik Inisiatif IFC untuk Perluas Operasinya di Indonesia

Berita Terbaru