LINGKARIN.COM – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono turut membuat ekonomi bergerak.

Luhut menyebut pesta pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi itu tidak hanya membawa kebahagiaan bagi keluarga kedua mempelai, tetapi juga membawa kebahagiaan bagi seluruh warga Yogyakarta-Solo.

“Dari mulai pemilik PO bus lokal, pemilik UMKM seperti pedagang makanan, jasa laundry, parkir, sampai pengrajin lokal yang membuat suvenir pernikahan kedua mempelai, ikut merasakan kebahagiaan karena dagangan dan jasa mereka habis terbeli oleh para tamu dan panitia penyelenggara acara.”

Peredaran Sabu Cair untuk Tahun Baru 2023 Digagalkan Petugas Bea Cukai dan Polda Metro 8 Pelaku Ditangkap, Polisi Ungkap Penyebab ART di Apartemen Jaksel Disiksa Majikan

“Ini adalah bukti bahwa perekonomian Indonesia terus bergerak,” katanya dalam unggahan di akun Instagram pribadi @luhut.pandjaitan yang dipantau di Jakarta, Senin 12 Desember 2022.

Ia menceritakan pengalamannya bertugas dan mengisi agenda di Yogyakarta-Solo selama tiga hari terakhir.

Luhut menilai pesta pernikahan Kaesang-Erina sebagai Pesta Rakyat karena bukan hanya menjamu para tamu undangan saja, tetapi juga seluruh rakyat Indonesia bisa melihat dan menikmati bagaimana budaya Indonesia dijunjung tinggi dalam acara tersebut.

Dekrit Presiden Harus Taat Konstitusi Apabila Tìdak, Dapat Berakhir pada Pemakzulan Peningkatan Kualitas Pelayanan Bappenda Kabupaten Bogor

“Saya amati setiap kali momen pernikahan putra-putri Presiden Joko Widodo, selalu menampilkan budaya dan tradisi yang selama ini sering dilupakan karena tergerus oleh tempaan zaman.”

“Ini adalah hal yang bagus karena sebagai anak muda, mereka menjadi contoh bagi anak-anak muda lain di Indonesia bahwa setinggi apa pun pendidikan maupun status sosialmu, jangan pernah lupa pada budaya dan tradisi bangsamu sendiri,” katanya.

Luhut pun mengaku bangga bisa diundang dalam momentum-momentum penting dalam rangkaian pernikahan Kaesang-Erina.

Penyekapan Wali Kota Blitas Santoso, Polisi Periksa 7 Orang Terkait Peristiwa di Rumah Dinas Program Pemerintah Ditakutkan Tak Maksimal, Pemindahan IKN Membuat Fokus Terbagi

Momentum penting itu diantaranya mulai dari acara siraman hingga ngunduh mantu yang berlangsung sangat hangat dan sakral.

“Selain hadir sebagai tamu undangan, saya juga turut mendampingi Presiden untuk menyambut tamu undangan dari negara sahabat, UAE yaitu Putera Mahkota Pangeran Khalid bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan yang kali ini ditemani oleh sahabat saya, Menteri Energi UAE Suhail Al Mazrouei,” katanya.

Bukan hanya datang sebagai tamu undangan, Putera Mahkota Pangeran Khalid dan Menteri Suhail juga melihat Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo.

Jamwas Soal Jaksa Nakal Kejati Jateng: Masih Pemeriksaan, Jika Terbukti Kita Tindak Tegas Pernikahan Kaesang – Erina, Bandara Adi Soemarmo Perketat Pengamanan Kedatangan Tamu VIP

“Selamat berbahagia dan menempuh hidup baru bagi kedua mempelai @kaesangp dan @erinagudono , teladanilah kehidupan rumah tangga kedua orang tua kalian.”

“Semoga Tuhan YME selalu melimpahkan kasih sayang dan berkat dalam cinta yang sudah kalian pertautkan,” pesan Luhut.***