LINGKARIN.COM – Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G Plate menegaskan, partai nya berkomitmen untuk mengawal roda pemerintahan Jokowi-Ma’ruf hingga tuntas, meski isu reshuffle atau perombakan kabinet menyasar ke NasDem.

“Komitmen politik Partai NasDem sebagaimana yang telah disampaikan oleh ketua umum akan terus mengawal sampai selesainya masa tugas jabatan presiden,” kata Johnny di Jakarta, Minggu 8 Januari 2023.

Isu reshuffle kabinet, kata Johnny, tidak akan mengubah sikap NasDem sebagai partai pengusung Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019 untuk mendukung setiap kebijakan yang ditempuh Jokowi.

Tertidur Saat Lapak Barang Bekas di Gunung Sindur Alami Kebakaran, Hasanudin Jadi Korban Hanya Ada 1 Partai di DPR yang Dukung Pemilu 2024 dengan Sistem Proporsional Tertutup

Menurut dia, pihaknya tidak mau berandai-andai terkait perombakan kabinet yang bisa menyasar kepada menteri dari NasDem.

“Saya tentu tidak bisa mengandai-andai menteri mana, kapan akan dilakukan reshuffle oleh presiden, karena itu ada pada hak presiden.”

“Tapi sekali lagi yang namanya reshuffle dapat terjadi setiap saat dan kepada semua anggota kabinet dari unsur partai apa pun dan dari unsur non-partai apa pun,” ujarnya.

Tiba-tiba Muncul Yusril, Bela Kebijakan Presiden Jokowi yang Terbitkan Perppu Cipta Kerja Pernyataan Sikap 8 Partai Politik: Sistem Proporsional Tertutup Kemunduran bagi Demokrasi

Isu reshuffle kabinet yang menyasar tiga menteri dari Partai Nasdem, yakni Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, serta Jhonny yang menjabat sebagai Menkominfo.

“Kalau terkait dengan isu reshuffle kabinet sekali lagi ya yang disampaikan dan sikap tegas konsisten NasDem itu sepenuhnya menjadi hak prerogatif presiden. Itu dilindungi oleh konstitusi,” tuturnya.***