Kemajuan teknologi saat ini mempengaruhi segala aspek kehidupan hingga ke sektor perbankan. Kehadiran kartu kredit digital menjadi tren saat ini. Terlebih, kartu kredit merupakan instrumen penting dalam pembayaran masa kini.

Selain bayar tunai, membayar dengan kartu kredit menjadi alternatif bagi sebagian besar masyarakat. Alasannya cukup sederhana, manfaat dan penggunaannya cukup mudah. Lantas, apa itu kartu kredit digital? Yuk, cari tahu jawaban dan penjelasannya dalam artikel ini.

Apa Itu Kartu Kredit Digital?

Kartu kredit digital (digital credit card), sama seperti kartu kredit (credit card) biasa, tetapi hanya tersedia dalam bentuk virtual atau digital. Kartu-kartu ini hanyalah versi tambahan dari kartu fisik dan dirancang hanya untuk berfungsi saat melakukan transaksi online.

Jadi, penerbit credit card Anda mungkin menawarkan untuk mentransfer beberapa batas credit card Anda yang ada ke digital credit card atau juga dapat memberi batas tambahan di atas batas credit card yang ada.

Anda akan menerima semua rincian yang diperlukan, seperti nomor credit card, tanggal kadaluarsa, CVVdan sebagainya, dari digital credit card yang dapat Anda akses dengan mudah secara online.

Dikemas dengan semua manfaat credit card namun tanpa proses aplikasi yang rumit, kartu digital merupakan alternatif dari kartu kredit. Itu juga dapat digunakan untuk semua pembelian dan pembayaran online yang memengaruhi skor kredit Anda.

Keuntungan Kartu Kredit Digital

Ada beberapa fungsi dari kartu kredit digital ini, seperti menetapkan batas credit card online, menggunakannya untuk transaksi online, dan melunasi tagihan secara online. Kartu ini adalah cara instan, nyaman, dan aman untuk mengakses kartu kredit fisik Anda.

Namun, tidak seperti credit card tradisional, digital credit card umumnya berlaku untuk durasi yang sangat singkat yaitu 24 hingga 48 jam. Bahkan beberapa diterbitkan untuk satu transaksi dan tidak akan berguna lagi segera setelah pemegang kartu menyelesaikan transaksinya.

Untuk mendapatkan gambaran produk yang lebih baik, berikut telah dicantumkan di bawah ini beberapa fitur dan manfaat digital credit card dibandingkan kartu kredit fisik konvensional:

  • Untuk keamanan yang lebih baik, hanya ditawarkan kepada pemegang kartu utama dan bukan kepada anggota sekunder atau anggota tambahan. Namun, tips menjaga keamanan kartu kredit ini agar lebih privasi.
  • Semua transaksi diamankan dengan One-Time-Password (OTP) yang harus Anda berikan saat menggunakannya. Anda akan segera menerima OTP pada nomor ponsel dan alamat email terdaftar Anda saat melakukan transaksi.
  • Karena kartu tersedia untuk digunakan hanya untuk transaksi online dan untuk jangka waktu terbatas, kemungkinan kehilangan karena pencurian kartu lebih kecil.
  • Karena digital credit card tersedia dalam bentuk virtual, setelah disetujui, Anda dapat memiliki akses instan ke kartu tersebut. Anda dapat langsung mulai melakukan pembayaran online dengan memvalidasi transaksi dengan OTP, tanpa harus menunggu kartu fisik tiba.
  • Jika Anda merasakan adanya ancaman keamanan, Anda dapat memblokir kartu tersebut secara online. Card segera diblokir untuk menghindari penyalahgunaan informasi yang dicuri.

Perbedaan Kartu Kredit Digital dan Pay Later

Istilah Pay Later tentu tidak asing di zaman serba digital,yang sudah merajalela hingga ke sektor perdagangan online, termasuk marketplace. Kini, banyak marketplace atau e-commerce yang menawarkan sistem pembayaran “beli sekarang, bayar nanti” atau disebut Pay Later.

Pembeli akan menerima barang terlebih dahulu, namun bisa membayar setelah barang tersebut diterima sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Mengutip situs Keuangan Mobaberikut adalah perbedaan digital credit card dengan Pay Later:

1. Proses aplikasi

Anda dapat membuat akun Pay Later secara instan, membuatnya lebih mudah untuk memulai daripada menggunakan credit card. Juga tidak ada pemeriksaan credit, tidak ada diskusi tentang hutang dan aset Anda, tidak ada penilaian atas pendapatan Anda atau kemampuan Anda untuk membayar kembali pembelian.

2. Jumlah kredit

Untuk beberapa konsumen, jalur kredit membatasi pengeluaran mereka, yang bagi mereka tidak nyaman. Sebaliknya, tidak ada batasan yang diatur sebelumnya berarti pengguna dapat terus melakukan pembelian, tidak perlu mengetahui batasan mereka, dan membiarkan penyedia layanan Pay Later mereka memutuskan. Biasanya, limit kredit pada credit card biasa lebih tinggi dari Pay Later.

3. Ketersediaan

Saat mengajukan kartu kredit baru, Anda dapat menunggu sekitar satu minggu hingga card tersebut tiba. Sementara itu, PayLater memberi Anda batas kredit hanya dalam 3 menit, dari mana Anda dapat membeli barang-barang Anda. Namun, tidak semua orang menerima Pay Later karena layanan ini belum menjadi arus utama.

4. Tingkat bunga

Bunga credit card dapat bertambah dengan cepat terutama ketika Anda tidak mampu melunasi saldo kredit dari bulan ke bulan (tidak membayar lunas). Sementara Pay Later tidak membebankan suku bunga ini.

5. Pelunasan

Salah satu aspek yang paling menarik dari Pay Later adalah memungkinkan pengguna untuk membagi biaya pembelian mereka tanpa harus membayar bunga tambahan. Hal ini dapat mempermudah untuk melunasi transaksi dari waktu ke waktu yang mungkin tidak dapat mereka tutupi sekaligus.

Sampai batas tertentu, banyak penyedia credit card telah menyediakan fitur yang sama. Banyak yang menawarkan hingga 55 hari bebas bunga untuk pembelian.

Tips Memilih Kartu Kredit Digital

Jika Anda memutuskan ingin menggunakan digital credit card, maka ikuti beberapa tips berikut ini agar tidak salah pilih.

1. Pilih jenis kartu kredit yang diinginkan

Ada banyak jenis kartu kredit yang berbeda di luar sana. Sebagian besar cara memilih kartu kredit yang tepat adalah memahami cara kerja kartu kredit dan jenis kartu kredit mana yang cocok.

Setelah Anda memutuskan jenis kartu yang akan Anda beli, memilih kartu kredit jauh lebih cepat dan mudah. Itu sebabnya langkah pertama dalam cara memilih kartu kredit adalah mencari tahu alasan utama Anda mendapatkan kartu tersebut.

2. Cari keuntungan

Kartu-kartu ini memungkinkan Anda mendapatkan hadiah atas pengeluaran Anda. Jika Anda ingin mendapatkan hadiah uang tunai, Anda harus melihat kartu kredit dengan tawaran hadiah cash back. Atau bisa juga memilih dari aspek poin yang dapat Anda tukarkan.

3. Cari tahu fitur yang paling penting

Langkah selanjutnya adalah memilih fitur kartu kredit yang paling penting. Ini akan tergantung pada jenis kartu kredit yang Anda dapatkan. Apakah memiliki fitur tanpa biaya tahunan, pemantauan skor kredit gratis, dan banyak fitur memudahkan lainnya? Jika iya, pilih jenis kartu tersebut.

4. Bandingkan opsi kartu kredit Anda

Itu mencakup sebagian besar di balik tips memilih kartu kredit digital. Sekarang, saatnya untuk bagian yang menyenangkan. Pilih kartu kredit teratas dalam kategori yang Anda pilih sehingga Anda dapat membandingkannya.

Anda kemudian dapat dengan cepat memeriksa kartu mana yang memiliki biaya tahunan termurah, yang menghasilkan hadiah terbanyak, dan fitur lain yang dapat membantu Anda

5. Lihat skor kredit

Skor kredit Anda adalah faktor besar dalam cara memilih kartu kredit, karena itu memengaruhi kartu mana yang bisa Anda dapatkan. Sebagian besar kartu kredit ditujukan untuk konsumen dalam kisaran skor kredit tertentu.

Untuk memiliki peluang yang kuat untuk mendapatkan kartu yang disetujui, skor kredit Anda harus berada dalam kisaran itu atau lebih tinggi.

Demikian penjelasan lengkap mengenai kartu kredit digital dan bagaimana tips memilihnya agar bisa kita mudah untuk menggunakannya. Semoga membantu!