Mencari uang tidak pernah menjadi hal yang mudah bagi sebagian besar orang. Namun dengan perkembangan teknologi, sumber mata pencaharian bertambah. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Google Maps.

Google sebagai perusahaan raksasa yang menguasai lebih dari 90% pangsa pasar search engine di dunia berkewajiban untuk menghadirkan informasi yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. Salah satu cara Google melakukan hal ini adalah memberikan keuntungan berupa poin reward kepada siapapun yang memasukkan data baru, seperti review ke database Google Maps.

poin reward yang terkumpul dalam jumlah tertentu nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai manfaat, misalnya voucher Gojek atau Grab, voucher belanja di supermarket dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari aplikasi ini?

1. Mendaftar Menjadi Local Guide

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari Google Maps, pertama Anda harus mendaftar menjadi kontributor terlebih dahulu. Kontributor ini disebut dengan local guide. Caranya adalah dengan membuka tautan berikut ini menggunakan  akun email yang telah Anda miliki.

Masukkan nama kota Anda lalu setujui ketentuan dan prasyaratnya. Setelah itu, klik daftar. Proses akan selesai dengan cepat dan Anda bisa langsung berkontribusi menjadi local guide dan mendapatkan poin reward.

2. Berikan Kontribusi Kepada Google

Kontribusi ini tidak muluk-muluk kok. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal untuk membantu pengguna Google lainnya. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Memberikan ulasan dan rating terhadap suatu tempat.
  • Menambahkan foto tempat tersebut.
  • Menjawab pertanyaan dan tanya jawab yang ada di Google Maps.
  • Mengedit informasi tempat di maps maupun informasi umum.
  • Menambahkan tempat yang belum tercantum di Google.
  • Mereview makanan.
  • Menambahkan konten ke Google Maps.

Pada dasarnya dengan menambahkan beberapa hal di atas, Anda tidak hanya bisa mendapatkan poin dan keuntungan individu, tetapi juga bisa membantu mengenalkan usaha atau tempat milik rekanan Anda kepada masyarakat luas.

Misalnya, review yang Anda pajang di Google Maps dapat membantu orang untuk menemukan tempat makan yang enak dan terjangkau. Bisa jadi tempat itu bukan milik Anda, melainkan milik teman Anda dan Anda hanya membantu mempromosikan dengan memberikan review yang jujur.

3. Dapatkan poin

Setelah melakukan beberapa hal di atas, Anda akan mendapatkan poin dengan rincian sebagai berikut:

  • Ulasan = 10 poin per ulasan.
  • 200 karakter review = bonus 10 poin per review.
  • Peringkat = 1 poin per peringkat.
  • Foto = 5 poin per foto.
  • Foto hari = 3 poin per hari.
  • Video = 7 poin atau video.
  • Tanya jawab = 3 poin per respon.
  • Menambahkan tempat = 15 poin per tempat.
  • Menambahkan jalan = 15 poin per jalan.
  • Menambahkan deskripsi = 5 poin per deskripsi.

Seiring dengan semakin banyaknya jumlah poin yang Anda kumpulkan, maka semakin besar pula potensi reward yang bisa Anda peroleh. Poin-poin tersebut tidak akan hangus, namun pihak Google baru akan memperbaharui jumlah poin Anda dalam waktu 24 jam, selain itu, ulasan kepada tempat yang sudah ditutup permanen juga tidak akan dihitung.

Lalu, bagaimana sih cara mengecek jumlah poin yang telah dimiliki? Caranya mudah yaitu tinggal masuk ke aplikasi Google Maps di ponsel Anda, lalu pilih menu kontribusi (yang bertanda tanda plus), dan lihat berapa review daan poin yang telah Anda miliki sejauh ini.

4. Dapatkan Voucher

Sekali lagi, Google Maps tidak akan mengirimkan reward dalam bentuk uang kepada[arakontributornyamelainkandalambentukvoucherKodevoucherinibiasanyadikirimkankeemailkontributoryangbisalangsungdigunakanuntukmenggunakanjasaataulayanantertentupadawaktutertentu[arakontributornyamelainkandalambentukvoucherKodevoucherinibiasanyadikirimkankeemailkontributoryangbisalangsungdigunakanuntukmenggunakanjasaataulayanantertentupadawaktutertentu

Beberapa kontributor dalam forum Quora menyebutkan pernah mendapatkan voucher Grab, Gojek, atau Hotel. Bahkan jika Anda sudah menjadi kontributor senior, tidak menutup kemungkinan Anda akan diundang ke pertemuan-pertemuan Google Maps di kantor pusat perusahaan ini di Amerika Serikat. Menarik bukan?

Pentingnya Google Maps Bagi Pengusaha

Google Maps merupakan fitur teknologi penting yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh pengusaha. Bagi pengusaha, baik itu UMKM maupun perusahaan, Google Maps bisa jadi tidak akan memberikan poin dan voucher seperti ketika Anda menjadi Local Guide di atas, tetapi aplikasi ini bisa membantu Anda mendapatkan uang dengan cara yang lain, misalnya:

  1. Memudahkan Anda untuk membuat toko online baik itu di aplikasi online marketplace, maupun aplikasi ride hailing seperti Gojek dan Grab. Adanya tanda pada Google Maps akan membantu driver dan kurir untuk membeli pesanan ke toko online Anda.
  2. Memudahkan calon pelanggan untuk mencari dan mengetahui kualitas toko Anda. Bagi calon pelanggan baru yang sebelumnya belum pernah datang atau tinggal di sekitar toko atau perusahaan Anda, adanya Google Maps membantu mereka untuk mengetahui letak toko tersebut dan mengetahui kualitasnya.
  3. Memudahkan calon pekerja untuk mengetahui kredibilitas perusahaan. Tampilan di aplikasi ini seringkali juga menjadi bahan pertimbangan seorang calon karyawan untuk mengambil pekerjaan di sebuah perusahaan atau tidak. Karyawan akan melihat legitimasi perusahaan pertama kali menggunakan aplikasi ini.

Oleh karena itu, penting bagi UMKM dan perusahaan untuk memasukkan data lokasi perusahaannya di Google Maps dan membangun citra yang baik di aplikasi ini. Cara membangun citra yang baik itu, seperti dengan rajin membalas review, mengedit informasi, menjawab pertanyaan yang dimasukkan konsumen, memperbaharui foto dan lain sebagainya.

Apabila perusahaan dan UMKM sukses membangun citra yang baik di aplikasi ini, bukan tidak mungkin pelanggan-pelanggan baru semakin banyak yang datang dan pada akhirnya pebisnis UMKM bisa mendapatkan penghasilan tambahan.