POINNEWS.COM — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mewajibkan tiap perusahaan di Jabar menerima pekerja penyandang disabilitas.

Upaya itu merupakan bagian dari aturan tentang _Equal Employment Opportunity_ (EEO), bahwa setiap pekerja mendapat hak, perlakuan, dan kesempatan yang sama atas pekerjaan, termasuk bagi penyandang disabilitas.

“Saya sebagai pemimpin sejak menjabat Wali Kota Bandung sudah mengedarkan keputusan eksekutif yang namanya _Equl Employment Opportunity_ (EEO),” kata Ridwan Kamil saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (14/12/2022).

Baca Juga BKAD Tertibkan Aset Pemerintah Daerah yang Masih Dikuasai Mantan Pejabat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Dukung Deklarasi Sekolah Toleransi di Cimahi

Ia menegaskan, dalam aturan tersebut tidak boleh ada perusahaan di Jabar yang menolak karyawan difabel selama mereka mampu menunjukkan performa yang sama dengan karyawan lainnya.

Aturan tersebut sudah ditekankan oleh Gubernur Ridwan Kamil untuk seluruh kebijakan ekonomi yang ada di Jabar.

Menurutnya, hal ini berdampak pada prestasi Jawa Barat yang selama lima tahun berturut-turut realisasi investasinya tertinggi se-Indonesia.

Baca Juga Pemdaprov Jabar Serahkan DIPA dan TKD 2023 kepada Seluruh Bupati/Wali Kota dan Satker se Jawa Barat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Apresiasi Kolaborasi TNI AU Bantu Warga Cianjur

“Jawa Barat selama lima tahun berturut-turut realisasi investasinya tertinggi se-indonesia. Ini menandakan orang senang berekonomi di sini, tapi ekonomi apalah artinya kalau tidak inklusif,” ungkapnya.

Ia juga memberikan arahan kepada seluruh kepala daerah agar fasilitas publik memiliki akses yang memadai untuk kaum disabilitas.

“Pastikan semua fasilitas publik memiliki akses yang memadai untuk kaum disabilitas. Tolong cek hotel-hotel, gedung-gedung pemerintah harus ada toilet khusus yang memadai untuk kaum disabilitas,” ujar Gubernur Ridwan Kamil.

Baca Juga Wakapolda Jabar Cek Pembersihan Puing Bangunan Dampak Gempa Kabupaten Cianjur Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Tetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota 2023

“Ini adalah pilihan kita untuk menunjukkan penghargaan terhadap semua warga Jawa Barat agar bahagia,” imbuhnya.

Selain itu Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil juga menyerukan agar warga Jabar piknik, sehingga Indeks Kebahagiaan Jawa Barat meningkat, dan kaum disabilitas pun bahagia.

“Dari hasil survei warga Jabar kurang piknik setahun hanya 2,6 kali. Jadi mari piknik, ya, supaya bahagia, dan kaum disabilitas juga senang. Jawa Barat ini Indah, tidak ada alasan tidak bahagia,” ungkapnya.

Baca Juga Wagub Jabar Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Tempat Relokasi Pengungsi Bencana Gempa Cianjur Gempa Kabupaten Cianjur, Uu Ruzhanul Pastikan Kebutuhan Pengungsi Terpenuhi

Hadir dalam acara itu Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia, dan Bunda Asuh Disabilitas Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Pada kesempatan tersebut Kang Emil juga memberikan penghargaan untuk Kategori Pemerhati DIsabilitas, juara Lomba Baca Al-Quran Bahasa Isyarat dan Lomba Tilawah Disabilitas.

Berikut penerima penghargaan Kategori Pemerhati Disabilitas:

Baca Juga Gempabumi M 6.4 Terjadi di Garut, Pusatnya Berada di Darat dan Berpotensi Tsunami Gempa Cianjur, Platform Pisodapur Sudah Dapat Diakses oleh Semua Pihak

1. Bupati Bandung Barat.

2. Penjabat Bupati Bekasi.

3. Kepala Sekolah SMA Mutiara Bunda Kota Bandung.

Baca Juga Hakim Pengadilan Negeri Semarang Akhirnya Gugurkan Status Tersangka Agus Hartono Munculkan Isu Mafia Tanah, Pengusaha Semarang Duga Ada Pihak Ganggu Sidang Praperadilan

4. Kepala MA Al-Shahibiyyah Kabupaten Sukabumi.

5. Pimpinan Pesantren Permata Cokroaminoto Kabupaten Cianjur.

6. Pimpinan PT. Sumber Alfariat Trijaya Tbk.

Baca Juga Tertimbun Longsor di Kampung Cugenang, 16 Anjing K-9 Bantu CarI Korban Gempa Cianjur Menteri Basuki Tinjau Lokasi Longsor Akibat Gempa di Cianjur Jabar pada Malam Hari

7. Ketua LKS Yayasan Puspa Surya Kanti Kota Bandung.

8. Ikadamayanti Atep penyandang disabilitas tunagrahita pada cabang olahraga bulutangkis dan atletik.

Pemenang Lomba Baca Al-Quran Bahasa Isyarat:

1. Juara 1  Elinda Handayani Kota Bandung.

2. Juara 2  Muhammad Aras Kabupaten Tasikmalaya.

3. Juara 3 Haditya Yudha Pambudi Kota Bandung.

Pemenang Lomba Tilawah Disabilitas:

1.Juara 1 Vanza Fauzan Kabupaten Ciamis.

2.Juara 2 Yuni Kabupaten Bandung Barat.

3.Juara 3 Jessica Adelia Kabupaten Indramayu.

Reporter : Fito