LINGKARIN.COM – Pemerintah memastikan pasokan energi berupa listrik, BBM, dan elpiji di destinasi wisata, khususnya Provinsi Bali dalam kondisi aman menjelang libur Tahun Baru 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana dalam keterangannya di Jakarta, Rabu 28 Desember 2022  mengatakan ketersediaan stok energi saat ini di atas rata-rata.

“Ini hari ketiga saya memantau ketersediaan BBM dan listrik dalam periode Nataru. Kesiapsiagaan PT PLN dan PT Pertamina dalam menghadapi libur Tahun Baru belum selesai, baru 1/3 jalan, karena Tahun Baru masih minggu depan,” ujarnya saat mengunjungi Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Sanggaran, Bali, Selasa 27 Desember 2022.

Jaringan Portal Berita Fokus Siber Media Network Mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2023 Jelang Tahun Baru 2023, BMKG: Fenomena Pemicu Hujan Ekstrem Alami Peningkatan Intensitas

Pertamina dan PLN, menurut dia, sudah melakukan upaya-upaya maksimal untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan kebutuhan BBM dan listrik menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) agar masyarakat bisa melaksanakan kegiatannya dengan tenang dan nyaman.

“Stok BBM di Bali dalam kondisi cukup yakni tujuh hari. Di sini diperlukan tiga hari untuk mendatangkan pasokan baru, jadi memang stok BBM di Bali itu dijaga stoknya di angka 6-7 hari termasuk elpiji,” katanya.

Ia mengatakan pengelolaan Pertamina terkait suplai dan kebutuhan sudah sangat baik dan terus membaik dari tahun ke tahun.

Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan Kita, Inilah 5 Cara untuk Mendapatkan Vitamin D Jokowi Tak Pernah dukung Pencalonan Siapapun, PDIP: Harusnya Dianggap Sebagai Intermezo

“Tadi, saat saya perjalanan dari Banyuwangi ke Bali, mampir di beberapa SPBU sudah terkelola dengan stok yang baik, tidak terlihat adanya antrean,” ujarnya.

Untuk pasokan listrik di Bali, menurut Dadan, PLN sudah berpengalaman dalam menangani kegiatan besar, termasuk Presidensi G20.

“Insya Allah untuk yang Bali kita sudah sukses. Sekarang tinggal mungkin melakukan beberapa penyesuaian dari beberapa lokasi yang pasti berbeda,” sambungnya.

Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Harga Cabai hingga Daging di Pasar Tradisional Senen Mulai Naik Respons Tim Kuasa Hukum, Usai Roy Suryo Dituntut Kurungan 1 Tahun 6 Bulan Kasus Meme Stupa

Diungkapkan Dadan, PLN sudah melakukan persiapan yang baik menyambut libur Nataru.

“PLN sudah mengantisipasi banyak hal, termasuk mempersiapkan tim untuk membangun kembali tower kabel transmisi yang rubuh tanpa bantuan kontraktor lain sehingga pembangunannya bisa lebih cepat,” ungkapnya.

General Manager Unit Induk Daerah Bali (UP2B) PLN IG Wayan Udayana menyatakan kondisi kelistrikan di Bali masih aman hingga Tahun Baru.

Kejati Jateng Beri Keterangan Resmi Soal Berita Penculikan dan Penganiayaan Pengusaha AH Libur Natal 2022, Terminal Kampung Rambutan Catat Lonjakan Penumpang Capai 100 Persen

“Pengamanan sistem kelistrikan di Bali saat ini sama dengan saat ajang G20, distribusi, transmisi sampai venue detail,” katanya.

Ia melanjutkan, beban puncak di Bali 916 MW, sementara daya mampu 1.404 MW, sehingga mencukupi kebutuhan.

“Daya mampu itu dari pembangkit di Bali sebesar 934 MW, transfer dari Jawa sebesar 370 MW dan relokasi PLTG Grati sebesar 100 MW,” jelas Wayan.

Portal Berita Lingkarin.com Mengucapkan Selamat Hari Raya Natal 2022 Kasus Penculikan dan Penyiksaan Terhadap Agus Hartono, Polda Jateng Langsung Gelar Perkara Awal

Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatim Balinus Deny Djukardi mengatakan Pertamina sudah melakukan upaya-upaya maksimal untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan BBM menjelang Nataru agar masyarakat bisa melaksanakan kegiatannya dengan tenang dan nyaman.

“Stok BBM Jatim Balinus dalam kondisi cukup termasuk untuk BBM bersubsidi, dalam arti kita sudah melakukan pembagian dengan cukup merata sesuai dengan kebutuhannya dan tentunya kami akan menyalurkan BBM bersubsidi ini sesuai dengan kuotanya yang diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkannya,” ujarnya.***