LINGKARNEWS.COM – Calon pengantin putri Erina Sofia Gudono yang dipersunting putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjalani prosesi siraman di kediaman orang tuanya di Padukuhan Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Jumat 9 Desember 2022.

Sebelum melakukan siraman Erina menjalani sungkeman pada ibundanya, Sofiatun Gudono serta proses pelangkah karena mendahului menikah dari dua kakaknya.

Selanjutnya, proses siraman dilakukan ibunda Erina dan sejumlah tokoh di DIY seperti permaisuri dari Sri Sultan Hamengkubuwana (HB) X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas serta GKBRAy Paku Alam X.

Pernikahan Kaesang – Erina, Kaesang: Terima Kasih untuk Semua Pihak yang Sudah Terlibat Delik Aduan, Meski Lesti Kejora Cabut Laporan Namun Harus Jalani Proses Terlebih Dahulu

Selain melakukan siraman, sejumlah tokoh tersebut juga sekaligus memberikan doa restu untuk calon pengantin putri.

Dalam prosesi siraman tersebut Erina mengenakan balutan bunga ronce melati di kepala dan badannya.

Dari tangkapan layar lebar media yang disediakan pihak wedding organizer (WO) di Gedung Sebaguna Purwodadi saat prosesi berlangsung Erina tampak menangis saat melaksanakan sungkeman dengan ibundanya dan prosesi sungkeman.

Inilah Alasan Pengacara Rizky Billar yang Ajukan Surat Permohonan Agar Tak Ditahan Prank KDRT, Polisi Beri Penjelasan Resmi Terkait Kasus Pelaporan Terhadap Baim Wong

Sedangkan GKR Hemas seusai melakukan siraman mengatakan bahwa sebelumnya pihak Erina telah berkonsultasi ke Keraton Yogyakarta terkait prosesi adat siraman.

“Kemarin sudah ke Keraton Yogyakarta menanyakan bagaimana prosesi yang benar untuk siraman, dan saya sudah banyak sekali memberikan informasi. Saya kira ini semua sudah berjalan sesuai,” katanya.

GKR Hemas mengaku mengapresiasi siraman tersebut yang menggunakan adat Jawa Mataram (Yogyakarta).

Film Nasional Mulai Reborn Tahun 2022, Sayangnya Peran Pemerintah Dirasakan Masih Minim Kasus Pemukulan oleh Anggota DPRD Gerindra, Hotman Paris akan Lapor Prabowo dan Hashim

“Saya mengapresiasi calon pengantin yang masih menjaga budaya adat Jawa dalam prosesi pernikahan.”

“Saya kira sudah sesuai dengan keinginan kedua mempelai yang pertama bahwa mereka akan menjalankan prosesi secara adat.”

“Ini sangat luar biasa dan membanggakan untuk kita semua karena generasi muda masih nguri-uri kabudayaan,” kata GKR Hemas.

Ini Alasan Pasangan Baim Wong dan Paula Beri Uang Bonge Rp500 Juta, Citayam Fashion Week DJ Joice Mengonsumsi Narkoba Jenis Sabu di Kamar Indekos, Polisi Ungkap Alasannya

Adapun setelah acara siraman akan dilanjutkan dengan “midodareni” pada Jumat malam.

Presiden Joko Widodo dan Kaesang Pangarep dijadwalkan hadir dalam upacara adat tersebut.***

Klik Google News untuk mengetahui aneka berita dan informasi dari editor Lingkarnews.com, semoga bermanfaat.

Hingga ke Bandung Jabar, Polri Kawal Pemulangan Jenazah Emmeril Kahn Mumtazd